Langsung ke konten utama

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 8 SEMESTER 1

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 8 SEMESTER 1

BAB I : Gerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar

Cakupan Kompetensi Dasar (KD) :

3.1. Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak

4.1. Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia

3.2. Menganalisis gerak lurus, pengeruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup

4.2. Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda.

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik mampu menganalisis sistem gerak pada makhluk hidup yang meliputi gerak pada manusia, hewan, dan tumbuhan dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi

2. Peserta didik mampu menyajikan tulisan tentang gangguan dan upaya menjaga kesehatan pada sistem gerak dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan

3. Peserta didik mampu menyelidiki gerak pada tumbuhan dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan.

4. Peserta didik mampu membuat alat peraga kerangka manusia dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi

5. Peserta didik mampu memahami gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton dengan benar setelah kegiatan praktikum dan diskusi

6. Peserta didik mampu menyajikan laporan tentang gerak dan pengaruh gaya terhadap gerak dengan benar setelah melakukan kegiatan praktikum dan diskusi.

Materi Esensial :

Pekan 1: Sistem gerak manusia

Pekan 2: Sistem gerak pada tumbuhan dan hewan

Pekan 3 : Gerak

Pekan 4 : Gaya dan hukum Newton

 

BAB II : Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Cakupan Kompetensi Dasar (KD) :

3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot dan struktur rangka manusia

4.3. Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik mampu menjelaskan penegertian usaha beserta hubungan usaha dan energi dengan benar setelah berdiskusi tentang konsep usaha dan energi

2. Peserta didik mampu menjelaskan jenis-jenis pesawat sederhana beserta prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia dengan benar setelah mempelajari tentang pesawat sederhana.

3. Peserta didik mampu menuliskan manfaat penggunaan pesawat sederhana dengan benar setelah melakukan kegiatan

Materi esensial :

Pekan 1 : Usaha

Pekan 2 : Pesawat sederhana

 

BAB III : Struktur dan fungsi tumbuhan

Cakupan kompetensi Dasar (KD) :

3.4. Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan

4.4. Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan

Tujuan Pembelajaran :

1.    Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur morfologi dan modifikasi organ tumbuhan dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan

2.    Peserta didik mampu mengidentifikasi kelengkapan daun dan pertulangan daun pada tumbuhan dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan.

3.    Peserta didik mampu menyelidiki proses fotosintesis pada daun dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.

4.    Peserta didik mampu menganalsis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan.

5.    Peserta didik mampu mengindetifikasi teknologi yang terinspirasi dari struktur tumbuhan degnan benar setelah melakukan kegiatan studi literasi.

Materi Esensial :

Pekan 1 : Struktur dan fungsi organ tumbuhan

Pekan 2 : Struktur dan fungsi jaringan penyusun tumbuhan

Pekan 3 : Teknologi yang terinspirasi dari struktur tumbuhan

 

BAB IV : Sistem Pencernaan Manusia

Cakupan kompetensi Dasar (KD) :

3.5. Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga sistem pencernaan

4.5. Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi

Tujuan Pembelajaran :

1.     Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis – jenis zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dengan tepat setelah melakukakan kegiatan pengamatan

2.      Peserta didik mampu menghitung kebutuhan kalori dengan tepat berdasarkan berat badan ideal

3.      Peserta didik mampu menganalisis struktur dan fungsi sistem pencernaan manusia setelah melakukan kegiatan pengamatan

4.      Peserta didik mampu mengidentifikasi gangguan dan penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia dengan tepat setelah mengumpulkan artikel dari berbagai sumber.

Materi Esensial :

Pekan 1 : Zat – zat makanan yang diperlukan tubuh

Pekan 2 : Struktur dan fungsi sistem pencernaan makanan pada manusia

BAB V : Zat aditif dan Zat adiktif

Cakupan kompetensi Dasar (KD) :

3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampak terhadap kesehatan

4.6 Membuat karya tulis tentang dampak penyalah gunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan.

Tujuan Pembelajaran :

1.    Peserta didik mampu menjelaskan berbagai macam bahan aditif alami dan buatan dalam bahan makanan dan minuman dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.

2.    Peserta didik mampu mengelompokan berbagai jenis zat aditif makanan berdasarkan fungsinya dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.

3.    Peserta didik mampu menjelasakan berbagai macam zat adiktif narkotika dan psikotopika dengan benar setelah melakukan kegiatan diskusi.

4.    Peserta didik mampu menjelaskan berbagai macam zat adiktif bukan narkoba dan psikotopika dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.

5.    Peserta didik mampu menjelaskan dapak penggunaan zat aditif dan zat adiktif terhadap kesehatan dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.

6.    Peserta didik mampu menyajikan makalah mengenai ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif dan adiktif setelah melakukan kegiatan literasi dari berbagai sumber.

Materi Esensial :

Pekan 1 : Zat aditif

Pekan 2 : Zat aditif

 

BAB VI : Sistem peredaran darah manusia

Cakupan kompetensi Dasar (KD) :

3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah

4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) dengan frekuensi denyut jantung

 

Tujuan Pembelajaran :

1.    Peserta didik mampu menganalisis sistem peredaran darah manusia dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan.

2.   Peserta didik mampu menganalisis ganguan sistem peredaran darah pada manusia dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.

3.   Peserta didik mampu menjelaskan upaya mengatasi gangguan sistem pencernaan makanan pada manusia dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan.

4.    Peserta didik mampu menyajikan data hasil percobaan aktivitas terhadap denyut jantung dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan.

 Materi Esensial :

Pekan 1 : Sturktur dan fungsi sistem peredaran darah manusia

Pekan 2 : Gangguan dan kelinan pada sistem peredaran darah manusia beserta upaya pencegahannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (BAGIAN 1)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh... puji syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. serta sholawat serta salam semoga selalu tersampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan safaatnya kelak.... para pejuang ilmu dimanapun kalian berada, pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi IPA TERPADU kelas 9 tentang SISTEM REPRODUKSI MANUSIA  tepatnya pada sub bab PEMBELAHAN SEL. sebelum masuk ke materi terlebih dahulu kita melihat kompetensi beserta tujuan pembelajaran apa saja yang dapat kalian capai pada materi kali ini KOMPETENSI DASAR (KD) 3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi , serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi . 4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi Tujuan pembelajaran 1.        Peserta didik mampu me

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 9 SEMESTER 1

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 9 SEMESTER 1 BAB I : SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KOMPETENSI DASAR (KD) 3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi , serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi . 4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi Tujuan pembelajaran 1.        Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis pembelahan sel dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi. 2.        Peserta didik mampu menganalisis organ-organ reproduksi yang meliputi organ reproduksi laki-laki dan organ reproduksi perempuan dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi. 3.        Peserta didik mampu mengidentifikasi tahap-tahap menstruasi dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan. 4.        Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada sistem reproduksi bese