CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 8 SEMESTER 1
BAB I : Gerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar
Cakupan Kompetensi Dasar (KD) :
3.1. Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada
manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
4.1. Menyajikan karya tentang berbagai
gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia
3.2. Menganalisis gerak lurus,
pengeruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada
gerak benda dan gerak makhluk hidup
4.2. Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak
benda.
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu menganalisis sistem gerak pada makhluk
hidup yang meliputi gerak pada manusia, hewan, dan tumbuhan dengan tepat
setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi
2. Peserta didik mampu menyajikan tulisan tentang gangguan dan
upaya menjaga kesehatan pada sistem gerak dengan tepat setelah melakukan
kegiatan pengamatan
3. Peserta didik mampu menyelidiki gerak pada tumbuhan dengan
tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan.
4. Peserta didik mampu membuat alat peraga kerangka manusia dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi
5. Peserta didik mampu memahami gerak lurus dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton dengan benar setelah kegiatan praktikum dan diskusi
6. Peserta didik mampu menyajikan laporan tentang gerak dan
pengaruh gaya terhadap gerak dengan benar setelah melakukan kegiatan praktikum
dan diskusi.
Materi Esensial :
Pekan 1: Sistem gerak manusia
Pekan 2: Sistem gerak pada tumbuhan dan hewan
Pekan 3 : Gerak
Pekan 4 : Gaya dan hukum Newton
BAB II : Usaha dan Pesawat
Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari
Cakupan Kompetensi Dasar
(KD) :
3.3 Menjelaskan konsep usaha,
pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja
otot dan struktur rangka manusia
4.3. Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu menjelaskan penegertian usaha beserta
hubungan usaha dan energi dengan benar setelah berdiskusi tentang konsep usaha
dan energi
2. Peserta didik mampu menjelaskan jenis-jenis pesawat sederhana
beserta prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia dengan
benar setelah mempelajari tentang pesawat sederhana.
3. Peserta didik mampu menuliskan manfaat penggunaan pesawat sederhana dengan benar setelah melakukan kegiatan
Materi esensial :
Pekan 1 : Usaha
Pekan 2 : Pesawat sederhana
BAB III : Struktur dan fungsi tumbuhan
Cakupan kompetensi Dasar (KD) :
3.4. Menganalisis keterkaitan struktur jaringan
tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
4.4. Menyajikan karya dari
hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi
dari hasil pengamatan struktur tumbuhan
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Peserta didik mampu mengidentifikasi
struktur morfologi dan modifikasi organ tumbuhan dengan tepat setelah melakukan
kegiatan pengamatan
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi
kelengkapan daun dan pertulangan daun pada tumbuhan dengan tepat setelah
melakukan kegiatan pengamatan.
3. Peserta didik mampu menyelidiki proses
fotosintesis pada daun dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.
4.
Peserta didik mampu menganalsis
keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya dengan tepat setelah
melakukan kegiatan pengamatan.
5.
Peserta didik mampu mengindetifikasi
teknologi yang terinspirasi dari struktur tumbuhan degnan benar setelah
melakukan kegiatan studi literasi.
Materi
Esensial :
Pekan 1 : Struktur dan fungsi organ tumbuhan
Pekan
2 : Struktur dan fungsi jaringan penyusun tumbuhan
Pekan
3 : Teknologi yang terinspirasi dari struktur tumbuhan
BAB IV : Sistem Pencernaan Manusia
Cakupan kompetensi Dasar (KD) :
3.5.
Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang
berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga sistem pencernaan
4.5. Menyajikan hasil
penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi
Tujuan
Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis – jenis zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dengan tepat setelah melakukakan kegiatan pengamatan
2. Peserta didik mampu menghitung kebutuhan kalori dengan tepat berdasarkan berat badan ideal
3. Peserta didik mampu menganalisis struktur dan fungsi sistem pencernaan manusia setelah melakukan kegiatan pengamatan
4. Peserta didik mampu mengidentifikasi gangguan dan penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia dengan tepat setelah mengumpulkan artikel dari berbagai sumber.
Materi Esensial :
Pekan 1 : Zat – zat makanan yang
diperlukan tubuh
Pekan 2 : Struktur dan fungsi sistem
pencernaan makanan pada manusia
BAB V : Zat aditif dan Zat adiktif
Cakupan kompetensi Dasar (KD) :
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif
dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampak terhadap kesehatan
4.6 Membuat karya tulis tentang dampak penyalah
gunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Peserta
didik mampu menjelaskan berbagai macam bahan aditif alami dan buatan dalam
bahan makanan dan minuman dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.
2. Peserta
didik mampu mengelompokan berbagai jenis zat aditif makanan berdasarkan
fungsinya dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.
3. Peserta
didik mampu menjelasakan berbagai macam zat adiktif narkotika dan psikotopika
dengan benar setelah melakukan kegiatan diskusi.
4. Peserta
didik mampu menjelaskan berbagai macam zat adiktif bukan narkoba dan psikotopika
dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.
5. Peserta
didik mampu menjelaskan dapak penggunaan zat aditif dan zat adiktif terhadap
kesehatan dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.
6. Peserta
didik mampu menyajikan makalah mengenai ide pemecahan masalah untuk menghindari
terjadinya penyalahgunaan zat aditif dan adiktif setelah melakukan kegiatan
literasi dari berbagai sumber.
Materi
Esensial :
Pekan
1 : Zat aditif
Pekan
2 : Zat aditif
BAB VI : Sistem peredaran darah manusia
Cakupan kompetensi Dasar (KD) :
3.7 Menganalisis sistem peredaran
darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta
upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
4.7 Menyajikan hasil percobaan
pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) dengan frekuensi denyut
jantung
Tujuan
Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu menganalisis sistem peredaran darah manusia dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan.
2. Peserta didik mampu menganalisis ganguan sistem peredaran darah pada manusia dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan.
3. Peserta didik mampu menjelaskan upaya mengatasi gangguan sistem pencernaan makanan pada manusia dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan.
4. Peserta didik mampu menyajikan data hasil percobaan aktivitas terhadap denyut jantung dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan.
Pekan 1 : Sturktur dan fungsi sistem
peredaran darah manusia
Pekan 2 : Gangguan dan kelinan pada
sistem peredaran darah manusia beserta upaya pencegahannya.
Komentar
Posting Komentar