Langsung ke konten utama

SISTEM GERAK PADA HEWAN DAN TUMBUHAN



kembali lagi di blog pembelajaran IPA TERPADU KELAS 8 ini, semoga dapat memberikan manfaat untuk kalian semua...

pada pertemuan pertama kalian sudah belajar tentang sistem gerak manusia, selanjutnya kalian akan belajar mengenai "sistem gerak pada hewan dan tumbuhan seperti judul di atas.

langsung saja kalian bisa mendowload materi pada link di dibawah ini


atau kalian juga bisa menambah wawasan kalian dengan menonton video pembelajaran di bawah ini


setelah mempelajari materi tersebut kalian dapat mengerjakan soal yang ada di bawah ini
SOAL LATIHAN
1. Air memiliki kerapatan lebih besar dibandingkan udara. Keadaan ini membuat sulit gerak hewan yang hidup di air misalnya ikan. Namun mengapa ikan dapat bergerak didalam air dengan mudah? Jelaskan! 
2. Berdasarkan struktur dan bentuk tubuhnya bagaimana prinsip gerak hewan di udara?
3. Mengapa kecepatan gerak pada gajah dengan kijang berbeda? 
4. Tanaman kacang panjang tumbuh merambat. Setelah kamu memahami gerak tumbuhan, bagaimana cara menanam tanaman kacang panjang agar hasilnya optimal? jelaskan!
5. gerak higroskopis, hidronasti, dan hidrotropisme merupakan gerak akibat adanya rangsangan berupa air. Apakah perbedaan ketiga jenis gerak tersebut? jelaskan disertai dengan contoh masing-masing!

jawaban kalian bisa diupload disini
 

selamat belajar dan semoga ilmu yang didapatkan bermanfaan bagi banyak orang..
jangan lupa tinggalkan komentar agar blog ini lebih baik lagi kedepannya





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (BAGIAN 1)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh... puji syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. serta sholawat serta salam semoga selalu tersampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan safaatnya kelak.... para pejuang ilmu dimanapun kalian berada, pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi IPA TERPADU kelas 9 tentang SISTEM REPRODUKSI MANUSIA  tepatnya pada sub bab PEMBELAHAN SEL. sebelum masuk ke materi terlebih dahulu kita melihat kompetensi beserta tujuan pembelajaran apa saja yang dapat kalian capai pada materi kali ini KOMPETENSI DASAR (KD) 3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi , serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi . 4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi Tujuan pembelajaran 1.        Peserta didik mampu me

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 8 SEMESTER 1

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 8 SEMESTER 1 BAB I : Gerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar Cakupan Kompetensi Dasar (KD) : 3.1. Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak 4.1. Menyajikan  karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia 3.2.  Menganalisis gerak lurus, pengeruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup 4.2. Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda. Tujuan Pembelajaran : 1. Peserta didik mampu menganalisis sistem gerak pada makhluk hidup yang meliputi gerak pada manusia, hewan, dan tumbuhan dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi 2. Peserta didik mampu menyajikan tulisan tentang gangguan dan upaya menjaga kesehatan pada sistem gerak dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan 3. Peserta didik mampu menyelidiki

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 9 SEMESTER 1

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 9 SEMESTER 1 BAB I : SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KOMPETENSI DASAR (KD) 3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi , serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi . 4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi Tujuan pembelajaran 1.        Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis pembelahan sel dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi. 2.        Peserta didik mampu menganalisis organ-organ reproduksi yang meliputi organ reproduksi laki-laki dan organ reproduksi perempuan dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi. 3.        Peserta didik mampu mengidentifikasi tahap-tahap menstruasi dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan. 4.        Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada sistem reproduksi bese