Langsung ke konten utama

GERAK LURUS

Assallamualikum warahmatullahi wa barokatuh... 
 sebelum memulai pembelajaran jangan lupa berdoa semoga apa yang dipelajari dapat bermanfaat dan dicatat Allah sebagai amalan kebaikan kalian
 kembali lagi di blog pembelajaran IPA kelas 8 ini, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas tentang sistem gerak pada manusia dan sistem gerak pada hewan dan tumbuhan. untuk kali ini kita akan belajar mengenai "GERAK LURUS". 
 ruang lingkup yang harus kalian kuasai tentang materi ini adalah perpindahan, jarak, waktu, kecepatan, kelajuan, percepatan serta serta hukum-hukum Newton tentang gerak. 
 pernahkan kalian memperhatikan spedometer pada sepeda motor atau mobil? apa fungsinya? pada speedometer biasanya tertulis "km/h" apa itu km/h? 
 km/h adalah kilometer per hours atau kilometer per jam. jadi, apabila kalian melihat speedometer menunjukkan angka 80 km/h itu artinya kendaraan dapat menempuh 80 kilometer dalam waktu satu jam.

contoh kasus: jarak Pacitan ke Yogyakarata adalah 100 km. apabila seseorang menempuh jarak tersebut dalam waktu 2 jam. berapakah besar kecepatan dari kendaraan orang tersebut? silahkan jawab di kolom komentar.

materi gerak lurus dapat dilihat pada file ppt berikut
setelah mempelajari materi pada ppt teradapat soal latihan yang bisa kalian kerjakan dan file pengerjaan kalian bisa di kirimkan ke link berikut


untuk latihan soal GLBB nanti dipertemuan berikutnya..
jangan lupa berdoa setelah belajar agar ilmu yang didapat bisa bermanfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM REPRODUKSI MANUSIA (BAGIAN 1)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh... puji syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. serta sholawat serta salam semoga selalu tersampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan safaatnya kelak.... para pejuang ilmu dimanapun kalian berada, pada kesempatan kali ini kita akan membahas materi IPA TERPADU kelas 9 tentang SISTEM REPRODUKSI MANUSIA  tepatnya pada sub bab PEMBELAHAN SEL. sebelum masuk ke materi terlebih dahulu kita melihat kompetensi beserta tujuan pembelajaran apa saja yang dapat kalian capai pada materi kali ini KOMPETENSI DASAR (KD) 3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi , serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi . 4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi Tujuan pembelajaran 1.        Peserta didik mampu me

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 8 SEMESTER 1

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 8 SEMESTER 1 BAB I : Gerak benda dan makhluk hidup di lingkungan sekitar Cakupan Kompetensi Dasar (KD) : 3.1. Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak 4.1. Menyajikan  karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia 3.2.  Menganalisis gerak lurus, pengeruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup 4.2. Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda. Tujuan Pembelajaran : 1. Peserta didik mampu menganalisis sistem gerak pada makhluk hidup yang meliputi gerak pada manusia, hewan, dan tumbuhan dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi 2. Peserta didik mampu menyajikan tulisan tentang gangguan dan upaya menjaga kesehatan pada sistem gerak dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan 3. Peserta didik mampu menyelidiki

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 9 SEMESTER 1

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 9 SEMESTER 1 BAB I : SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KOMPETENSI DASAR (KD) 3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi , serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi . 4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi Tujuan pembelajaran 1.        Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis pembelahan sel dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi. 2.        Peserta didik mampu menganalisis organ-organ reproduksi yang meliputi organ reproduksi laki-laki dan organ reproduksi perempuan dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi. 3.        Peserta didik mampu mengidentifikasi tahap-tahap menstruasi dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan. 4.        Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada sistem reproduksi bese