Langsung ke konten utama

"Pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan hidup makhluk hidup"


kembali lagi pada blog pembelajaran IPA Terpadu SMP kelas 9 ini. . .

materi kali ini kalian akan mempelajari tentang "Pewarisan sifat dalam pemuliaan dan kelangsungan hidup makhluk hidup"

dalam BAB ini terdapat tiga pokok bahasan yang akan kalian pelajari yaitu

1. materi genetik sebagai dasar pewarisan sifat

2. hukum pewarisan sifat (Hukum Mendel)

3. pewarisan sifat pada manusia dan penerapan pewarisan sifat

PERTEMUAN 1

MATERI GENETIK SEBAGAI DASAR PEWARISAN SIFAT

Setiap makhluk hidup mempunyai sifat-sifat tertentu yang menjadi ciri khasnya. sifat-sifat tersebut akan diwariskan kepada keturunannya. pewarisan sifat dari generasi ke generasi tersebut disebut hereditas. cabang ilmu biologi yang mempelajari hereditas disebut genetika. sifat-sifat seperti wajah, jenis rambut, bentuk mata, bentuk hidung, maupun bentuk telinga diwariskan dari orang tua ke anaknya melalui materi genetik.

untuk materi mengenai "materi genetik sebagai dasar pewarisan sifat bisa di lihat pada file ppt berikut.

 

atau bisa juga dipelajari pada video berikut


PERTEMUAN 2

Materi mengenai Hukum Mendel dapat dipelajari pada file ppt berikut

 

PERTEMUAN 3 

Materi mengenai pewarisan sifat pada manusia dan penerapan pewarisan sifat dapat dipelajari pada file ppt berikut.


LATIHAN SOAL

1. Materi genetik sebagai dasar pewarisan sifat

2. hukum Mendel

3. Pewarisan sifat pada manusia dan penerapan pewarisan sifat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 9 SEMESTER 1

CAKUPAN MATERI IPA TERPADU KELAS 9 SEMESTER 1 BAB I : SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KOMPETENSI DASAR (KD) 3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi , serta penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi . 4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi Tujuan pembelajaran 1.        Peserta didik mampu mengidentifikasi jenis-jenis pembelahan sel dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi. 2.        Peserta didik mampu menganalisis organ-organ reproduksi yang meliputi organ reproduksi laki-laki dan organ reproduksi perempuan dengan tepat setelah melakukan kegiatan pengamatan dan diskusi. 3.        Peserta didik mampu mengidentifikasi tahap-tahap menstruasi dengan benar setelah melakukan kegiatan pengamatan. 4. ...